Sunday, April 11, 2010

Pendakian Merapi ke 3 "Pendakian SOLO"

Pendakian ini merupakan pendakian ke 10 di pulau jawa dan untuk ke 3 kalinya pendakian gunung merapi.

Berawal dari sebuah ajakan teman yang bertemu saat pendakian G. Ceremai Tahun lalu, berasal dari tangerang (DIDU). Pada hari Rabu malam beliau chating dengan saya dan berniat mengajak melakukan pendakian G. merapi, dengan spontan saya lansung menjawab OK, lalu beliau membalas "bsk saya tunggu di Basecamp", dan seketika Didu lansung off.

[singlepic=46,320,240,,center]
saya sempat ragu dengan ajakan didu, tapi setelah di pikir2 , gpp lah, walaupun tak bertemu dia saya juga sudah berencana melakukan pendakian solo, sebenarnya seminggu yang lalu sempat berencana latihan pendakian solo bersama teman , tapi gagal karena gk da konfirmasi lagi, mumpung ada kesempatan saat ini , kenapa ngak, lagian besok jg libur.

[singlepic=48,320,240,,center]

Berkali kali saya menghubungi didu via hp, tapi no beliau gak aktif, ywd, saya memutuskan untuk berangkat walaupun hanya sendiri, jam 5.20 saya slese bekerja, dan menyempatkan diri untuk update status "Malam ini saya memutuskan untuk melakukan pendakian "solo" Gunung Merapi 2965 mdpl (buat teman teman yang mau menyusul saya tunggu di basecamp merapi jam sampai jam 23.59) karena saya akan mulai melangkah pada pukul 00.00,... semoga menjadi pendakian yang menakjubkan. (wish me luck)", lansung segera menuju kos dan packing.

Ehh,. nyampe kos teman belah kamar saya (fikar) malah ingin ikut, saya jg gk bisa nolak, dan akhirnya misi pendakian solo pun belum bisa terlaksana.
[singlepic=42,320,240,,center]
Sekitar pukul 20.00 kami berangkat dari kos , dan mampir dlu di minmar beli logistik (heee, maklum gk da persiapan), setelah membeli logistik kami makan dulu, dan pukul 20.30, kami berangkat.

Sekitar pukul 23.00, kami sampai di basecamp, sempat kaget, ternyata basecamp tutup, (mengetok2 pintu basecamp smbil manggil bapak2 penjaganya), selang 10 menitan beliau kluar, allhamdllh akhirnya ada penjaga basecamp. tak lama kemudian, para pendaki dari solo datang, sekitar 20 pendaki. meraka duluan naek, kami lansung bersiap dan mulai melangkah pada pukul 23.23.
[singlepic=41,320,240,,center]
Selang setelanh 30 menit berjalan tiba tiba fikar dadanya sesak, ywd kami berhenti sejenak untuk beristirahat, cerahnya malam dengan sinar bulan dan angin yg sejuk membuat saya ketiduran, tak lama kemudian ada yang membangunkan saya, ternyata dia teman kuliah saya (abang jampang), saya sempat kaget dan gak percaya (masih mengira saya sedang mimpi ternyata tidak), saya bertanya kpda abang, lha ko bisa kau sampe sini bang, abang menjawab, ia, tdi ak baca status mu, lansung ja ku ajak 2 orang teman ku. (ryan "anak kehutanan ugm" dan richard). saya tertawa, gka nyangka bakal ada teman yang nyusul. hee,.

kami melanjutkan perjalan menuju pos 1, di perjalan sempat ada kendala, fikar menderita mual dan muntah, untung ja ryan membawa obat2an, istirahat sejenak, dan mulai berjalan lagi, sebelumnya tukar posisi carier, saya bertukar dengan fikar, dan carrier sya di bwa ryan untung ja ryan bawa daypack jadi bisa bawa depan belakang.

dan sampailah di pos 1 , kami istrahat agak lama, sambil cerita2 dan berbagi pengalaman, si abang cerita (samnbil bercucur keringat "berat carriernya 15kg+) tentang pengalaman nya di gunung dempo, begitu jg richard dan ryan cerita pengalaman naek gunung merbabu. kami bertukar posisi carier lagi saya membawa daypack di depan dan carier dibelakang mengantikan posisi ryan. :)

pendakian di lanjutkan, bejalan terus dan sampai pos 2. kami istirahat sejenak, lalu lansung melanjutkan perjalanan lagi menuju pasar bubrah, ketika akan sampai pasar bubrah , kami mendengar suara music dan orang teriak2 , semakin lama suara itu semakin dekat, ternyata suara itu berasal dari pendaki asing dari korea dengan rombongan dan guide, langkannya begitu besar dan cepat, sampai2 mereka menyalib kami, ketika sampai di gerbang pasar bubrah mereka istirahat, kami pun jg ikut berhenti dan sedikit berbincang bincang dengan pendaki asing itu.

Lalu kami menlanjutkan turun ke pasar bubrah dan mendirikan tenda, ternyata waktu membuka carrier abang membawa sebuah soud aktif dan mp3 player, kami pun mendirikan tenda di iringi music (alter bridge - klo gk slah judulnya watch over u, lagu nya berulang itu itu mulu,. haha). tenda selesai di rakit, ternyata tenda punya abang hanya cukup untuk 3 orang, saya dan abang mesti mengalah untuk tidur di bawah batu besar di sebelah tenda,. heee,. lumayan dingin jg, tpi gk tau kenapa malez memakai SB (sleeping bag).

pagi jam 8an kita mulai muncak, pada saat akan naek cuaca begitu cerah tapi setelah nyampe puncak garuda kabut mulai naik. kami tetap menikmati kemenangan sambil mengibarkan bendera merah putih di puncak, meski puncak garuda yang dulu sudah gk ada lagi (sepertinya "patah", akbita longsor mgkin).
setelah puas menikmati puncak, kami mulai turun, sembari turun kami sempat membuat sebuah video dokumenter.

sekitar jam 11, sampai ke tenda dan kami lasung melahap makanan yang begitu nikmat (nasi lele, teklur, teri dan mie),. wah ,. nikmat dan maknyuss bgt,.

setelah makan kami lansung packing , dan bersiap untuk turun , waktu turun kami bertemu dengan rombongan jakarta dan jogja.
kira kira jam 2 saya dan abang sampai dibasecamp dan menuggu fikar , ryan, richard datang.

Satu jam kemudian mereka datang, kami lansung berangkat menuju jogja lagi. Allhamdullillah samapi jgja jam 4an. saya mandi, makan, dan blz komen serta update status lagi "allhmdllh, slese jg misi pendakian G. merapi ke 3 ini,. trnyta stlah 1 thn 6 bln 24 hr, G. merapi bnyk mengalami prubahan. Trima kasi yg sbsr2ny sya ucapkan kpd Ahmad Zulfikar, Abang Jampang dkk yg tlh menyusul sya (surprise for me), tanpa kalian pendakian ini mgkn akn sia2. * mski misi pendakian solo blm bs trlksana dgn smprna*, tp gpp. memang pendakian yg wonderful"

Location: New Selo, Merapi , Jawa Tengah

[gallery=4]

Labels

3D (2) Add new tag (1) Adventure (22) Agen Elpiji (2) AI (1) Akses (1) Alam (3) anggrek (1) Animasi (2) Apache (1) Argopuro (1) Aritmatika (1) Asal Usul (1) Asisten (3) Askes (1) ATM (1) Bahaya (1) Band (1) Bandung (1) Baseball (1) Berita Sijunjung (13) BKMN (1) Blender (2) Blog (8) Blog Kompetisi (1) Blog Kontes (2) Blog Tutorial (5) Blog Tuturial (1) Blog UII (5) Blogger (1) Bom (1) Bumi ku (10) Caleg (1) Candi (2) Catatan Perjalanan Pendakian (9) Cerita (1) CMS (2) Contoh CV (1) Cv (2) Daerah (1) Daftar Isi (1) Danau (1) Database (1) Design (1) Document (1) DPC (1) DPRD Sijunjung (1) DPW (1) Dream Theater (1) Earth (1) ebook (1) Elpiji (1) Energi (1) Event (2) Expedition (1) Facebook (7) Facebook Lite (1) Film (1) FTI (4) Gizi (1) Grafika Komputer (2) Gunung (7) Gunung Argopuro (1) Gunung Lawu (2) Gunung Merapi (1) Gunung Sindoro (2) Hadiah (1) Hotel (1) Inbapala (2) Indonesia (5) Info (4) Informatika (8) Informatika Uii 2008 (26) International (1) internet (1) ISP (1) Jakarta (1) Jambore (2) Jambu lipo (1) Jamkesmas (1) jaringan Komputer (1) Java (1) Java Programming (2) Jawa (2) Jejak Petualang (2) JP (2) JPI (3) Judul Judul Skripsi (1) Jump break (1) Kaba dari Sijunjung (39) Kabupaten Sijunjung (8) Kacang Ijo (1) Kalender Akademik (1) Kampus Idaman (2) Kantor (4) karet (1) Kawah Putih (1) Kec Lubuk tarok (1) Kecerdasan Buatan (2) kemiskinan (2) Kerajaan (1) Kerajaan Jambu Lipo (1) Keras (1) Kerja (4) Kerja Keras Adalah energi kita (2) Kesehatan (1) Key in (1) KHS (1) Kiprah (1) Kita (1) Kompetisi (1) komputer (1) Konsumsi (1) Kontes (2) kuliah (9) Kuningan (1) Lab. Sirkel (1) LAMPP (1) Lingkugnan (1) Lingkungan (4) Linux (4) Lomba (1) Lomba Blog (1) Lomba blog UII (1) Lowongan (1) Lubuk Tarok (1) Manusia (1) Membuat CV (1) Merapi (1) Miasma (1) Mongol (1) Mountainering (7) Muncak Bareng (1) Music (2) Music Qu (2) My Room (2) My Scull (4) MySQL (1) Nagari (1) Negri Qu (2) News (4) Ngalau (1) Office (3) OOP (1) Oracle (1) PAC (1) Pameran (1) Pantai (1) PBO (1) Pecinta alam (1) Pekerjaaan (1) Pekerjaan (3) Pembangunan (2) pemilu (1) Pemograman (7) Pemograman Berorientasi Objek (4) Pemograman Web (4) Pemogramman Berorientasi Objek (1) Pendakian (6) Pendidikan (1) Pengahargaan (1) Pengghargaan (3) Penghargaan (2) Pepmograman (1) Perekonomian (1) Perguruan Tinggi (2) Pertamina (1) Petualang (2) PNPM-MP (1) Praktikum (3) Programmer (4) Project (2) Pulau (1) Pulau Sempu (1) Rafting (2) Rakyat Miskin (1) Read More (2) Referensi Skripsi (1) Rekrutmen (3) Review (1) Riwayat Hidup (1) Rolling Stones (1) Room (2) Samsung Led TV (3) Samsung TV (2) Scriptmedia (5) Segara anakan (1) Sejarah (4) Sekolah (1) Semester 4 (1) Semester IV (2) Sempu (1) Seni (1) SEO (2) Server (1) Server. (1) Sijunjung (24) Sindoro (1) Sirkel (1) Sistem (1) Sistem Operasi (2) Sistem Transaksi ATM (1) Skripsi (1) SMA (3) SMA 1 Sijunjung (2) SMAN 1 Sijunjung (2) Sniper (2) SO (1) Style (1) Suku (1) Surat (1) Surat Lamaran (1) Susu (1) Tamparungo (1) Tanaman Hias (7) Tanaman Langka (1) Tema (1) Temanggung (1) Themes (1) Tips (15) Trans 7 (1) Trik (3) Tugas (2) Tutorial (25) Tutorial blog (6) Twitter (1) Ubuntu (3) Uii (16) Unisys (1) Universitas Islam Indonesia (6) vanda sumatrana (1) Wanusa (1) Web (3) WEB 2009 (1) Website (9) Website Sijunjung (1) Widget (1) Wiki (1) Wisata (4) Wisata jumprit (1) Wisata Religi (1) Wordpress (6) Work (1) XAMPP (1)