atar belakang penulisan posting ini dikarenakan saya beserta kelompok yang diantaranya Muhammad Irwan danBaiq Hilyati mendapatkan tugas pada mata kuliah Grafika Komputer dengan Dosen pengampu Jeffry Andhika Pratama, beliau memberikan tugas akhir semester bertajuk membuat animasi 3D menggunakan sofware Blender. Kami membuat suatu animasi berjudul Permainan Baseball , berikut sedikit petikan dari tugas akhir tersebut :

A. Pengenalan tool
Berdasarkan ketentuan yang di tetapkan oleh dosen kami disini kami menggunakan “Blender”. Blender adalah perangkat lunak 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows,Mac OS X,Linux,Solaris,netBSD,FreeBSD,dan OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja
B. Alur

Alur cerita animasi yang kami buat adalah :
  1. Bola datang dari luar kamera
  2. Pemukul baseball bergerak memukul bola yang datang.
  3. Hal ini dilakukan sampai tiga buah bola dengan masing masing setiap bola berbeda arah  sampai bola terakhir yang tidak kena pukulan.
C. Pembahasan
  1. Install software blender terlebih dahulu. Download disini
  2. Setelah instalasi selesai , silahkan buka program blender tersebut.
  3. Ketika membuka blender silahkan edit Workspace sesuai dengan keinginan, workspace yang kami gunakan sperti gambar dibawah ini.

    Gambar 1 Tampilan  Awal Blender
    Gambar 1 Tampilan Awal Blender


  4. Selanjutnya membuat objek lingkaran, dengan mengunakan menu ADD ==> MESH ==> CIRCLE

    Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran
    Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran


  5. Masuk ke edit mode dengan menahan klik kanan, lalu pilih EDIT ==> ENTER EDIT

    Gambar 3 Edit Mode
    Gambar 3 Edit Mode


  6. Tekan E pada keyboard lalu pilih ONLY EDGES lalu perpanjang objek dengan cara menggeser mouse , kemudian klik kiri pada mouse

    Gambar 4 Extrude Objek
    Gambar 4 Extrude Objek


  7. Lakukan Extrude sekali lagi kemudian tekan S dan bentuk sesuai keinginan . Lalu lakukan EXTRUDE dan SIZE hingga objek berbentuk pemukul bola.

    Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE
    Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE


  8. Tekan TAB untuk keluar dari EDIT MODE , pastikan objek telah berbentuk sesuai dengan keinginan.

    Gambar 6 Objek selesai dibentuk
    Gambar 6 Objek selesai dibentuk


  9. Tambahkan Bola dengan memilih pada menu ADD ==> MESH ==> UVSphere, tambahkan hingga berjumlah 3 bola.

    Gambar 7 Pembuatan Bola
    Gambar 7 Pembuatan Bola


  10. Masuk ke IPOCurve dengan mengklik Display Current Windows Type, pilih IPOCurve Editor (Seperti pada gambar dibawah.

    Gambar 8 IPOCurve Editor Mode
    Gambar 8 IPOCurve Editor Mode


  11. Klik kanan objek bola lalu tekan I dan pilih LOC , klik kanan objek pemukul bola, kemudian tekan I dan pilih LocRot, lakukan hal yang sama pada semua objek termasuk kamera.

    Gambar 9 Pergerakan Objek Awal
    Gambar 9 Pergerakan Objek Awal


  12. Ganti TIME menjadi sesuai yang diinginkan, lalu gerakan objek dan kemudian tekan I kemudian pilih Loc untuk bola sedangkan untuk pemukul pilih LocRot







     Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir
    Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir


  13. Masuk ke Window Timeline , caranya sama seperti IPOCurve tetapi yang di pilih adalah Timeline

    Gambar 11 Timeline Mode
    Gambar 11 Timeline Mode


  14. Lakukan pemotongan video dengan cara, mengganti nilai End menjadi sesuai keinginan. Tekan Alt+A untuk mencoba (play) animasi yang telah dibuat, lalu tekan Esc untuk menghentikannya

    Gambar 12 View Animasi
    Gambar 12 View Animasi


  15. Untuk pemberian texture klik Shading Button pada menu bawah atau tekan F5, lalu ganti texture tipe menjadi image. Lakukan load gambar pada menu image.

    Gambar 13 Pemberian Texture
    Gambar 13 Pemberian Texture


  16. Masuk ke rendering, dengan cara klik Render ==> Render Setting

     Gambar 14 Rendering Setting
    Gambar 14 Rendering Setting


  17. Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI Codec, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).

    Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi
    Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi


  18. Lakukan render dengan mengklik Render ==> Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering)

     Gambar 16 Rendering Animasi
    Gambar 16 Rendering Animasi


  19. Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp Gambar 17 Directory File Output

     Gambar 17 Output file directory
    Gambar 17 Output file directory
    18. Finish.


Untuk mendownload file blender dari animasi diatas Klik disini
Thanks to :
Dosen Grafika Komputer :  Jeffry Andhika Pratama
Asisten dosen (penguji presentasi).
Teman teman sekelompok.